oleh

RDP DPRD Makassar, Pemkot Diduga Tutupi Legalitas Alfamart

Makassar,SulawesiEkspos — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Komisi A menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait semakin banyaknya terbuka gerai toko Modern Alfamart, dan Diduga melanggar PERDA No 15 Tahun 2009 serta banyak merugikan pedang kecil, Pada Kamis 4/2/ 2021.

Rapat Dengar Pendapat, dipimpin Sekretaris Komisi A, Hj. Apiaty, dan didampingi oleh Anggota Komisi A, Anton Paul Goni, Kasrudi, dan Rahmat Taqwa. Komisi A juga menghadirkan Kepala Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) A. Bukti Djufrie, perwakilan Dinas Perdagangan, Bagian Hukum Kota Makassar, LSM PERAK, Aliansi Peduli Pedagang Kecil serta perwakilan Kepala Cabang kantor Alfamart Imam.

Junaidi Hasyim yang akrab dipanggil Erte Mudayya, Mengatakan dengan maraknya pendirian toko modern yang tidak sesuai dengan PERDA NO. 15 Tahun 2009 tentang IUTM, Izin Prinsip tiap toko modern alfamart,IMB yang tidak sesuai dengan peruntukannya dan Zonasi, jarak toko modern dengan pasar tradisional.

“Untuk bapak kepala dinas PTSP, jika Alfamart memiliki IMB sesuai dengan peruntukannya, tolong perlihatkan kami, jangan mengatakan cari saja, karena dugaan yang kami tahu Alfamart ini Menyulap rumah tinggal menjadi rumah toko tempat usaha dan ini sudah jelas melanggar” Tegas Erte Mudayya, Kamis (4/2/2021).

Ia menambahkan, kalau memang juga pertoko alfamart memiliki Izin prinsip tolong perlihatkan jangan hanya mengatakan ada, jika tidak benar ada, serta menyalahi aturan, silahkan tutup dan cabut izin nya sesuai peraturan yang berlaku.

Sementara itu Kepala Dinas PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, Berjanji akan memberi data serta transparansi terkait Laporan dugaan perizinan Alfamart yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

“Saya persilahkan untuk teman teman dari aliansi ke Kantor, in shaa allah saya akan memberikan datanya, yakin dan percaya sebanyak 245 toko Alfamart datanya ada semua, dan saya tidak akan menutup nutupi”, tutur Andi Bukti.

Selain itu, Ketua LSM PERAK Kota Makassar, Sutoyo Gaffar, SH mengatakan, apa yang dijelaskan dan yang ditanggapi oleh perwakilan Alfamart ini, kayaknya melenceng dari pertanyaan dan kebutuhan informasi terkait izin yang mereka miliki.

“Kan sudah jelas, kami membutuhkan bukti semua dokumen dokumen izin toko Alfamart baik itu IMB, IP, IUTM serta file berapa banyak jumlah toko di Kota Makassar, apakah sudah lewat dari quota yang diberikan ?. bukan menjelaskan soal program promo Alfamart, atau teknis kerja karyawannya, lain kali jika ada RDP selanjutnya tolong Kepala Cabang Alfamart dihadirkan juga. ucapnya
(××)

loading...
           

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed