oleh

Fakta Lain dari Lembaga Survei ‘Abal-abal’ Appi Rahman, Turut Gagal di Pilgub 2018

MAKASSAR, SulawesiEkspos.com – Lembaga survei Roda Tiga Konsultan (RT) yang mengunggulkan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando rupanya memiliki fakta lain. Survei ini diketahui gagal juga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018.

Di mana surveinya sempat mengunggulkan Ichsan Yasin Limpo sebagai kandidat kuat Gubernur Sulsel dalam Pilgub 2018. Namun, hasilnya berkata lain. Informasi ini didapatkan dari berbagai media dan juga tersebar di media sosial.

“Dulu di Pilgub 2018, Lembaga survey Tiga Roda merilis hasil survey bhw IYL (Punggawa) menjadi pemenang. Tapi nyatanya IYL hancur suaranya,” kata pengguna akun Facebook bernama Niaty Niaa.

Menanggapi hal tersebut, Pemerhati Politik, Zulfikar Ahmad menyebut bahwa sekali survei sudah gagal maka tak akan dipercaya oleh warga. Dengan demikian, mereka tentu memilih paslon lain yang punya integritas dan dapat dipercaya.

“Sekali gagal, maka pasti tidak akan dipercaya. Apalagi survei ini kan disebut abal-abal,” ujarnya, Kamis (03/12/2020).

Ia juga menambahkan bahwa kepercayaan sangat penting dalam hal ini. Seorang pemimpin, sebut dia, dilarang berbuat curang dan berkata omong kosong.

“Saya kira yang dibutuhkan pemimpin itu yang jujur tidak suka bohong. Jadi kandidat saja berbuat begitu, apalagi nanti,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, lembaga survei RTK merilis surveinya untuk Pilwalkot Makassar 2020. Ektabilitas paslon nomor urut dua itu ditempatkan di posisi pertama. Ini dari hasil survei yang yang dilakukan pada 14-15 November terhadap 820 responden warga.

Namun, hasilnya dianggap tidak masuk akal oleh sejumlah pihak. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Forum Masyakarat Independen (FMI), Saharuddin Ilham.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ia mengungkapkan jika ada kejanggalan dalam survei RTK tersebut. “Keanehan survei Roda Tiga Konsultan itu bisa dilihat dari jumlah total semuanya lebih dari 100 persen,” ujarnya. (*)

(Z)


 

loading...
           

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed