oleh

Dosen UNM Terapkan Pupuk Organik Terhadap 5 HA Lahan Sawah di Desa Congko Soppeng

MAKASSAR, SulawesiEkspos — Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari PKW Desa Conggko yang diprakarsai oleh UNM, BRIN, dan Pemerintah Desa Congko. Program PKW merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat oleh pergurun tinggi, yang pelaksanaannya berbasis potensi wilayah. Khusus untuk Desa Congko yang mempunyai potensi wilayah yang besar dari segi pertanian maka salah satu kegiatan PKW ini difokuskan kepada pengembangan pertanian melalui penerapan pupuk organik pada lahan pertanian.

 

Menurut Ketua tim pelaksana dalam hal ini Prof Rosmini Maru, S.Pd.,M.Si.,Ph.D beserta tim Dra. Sumiati Side, M.Si., Drs. Suprapta, M.Si., Dr. Muhammad Riadi, M.P., bersama dengan pemerintah Desa Congko bahwa diharapannya Desa Congko sebagai sentra penghasil beras dan sayuran organik di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pada masa tanam yang lalu telah diterapkan pupuk organic 30% dan 50% pada lahan pertanian di kawasan ini. Dengan hasil panen mencapai 15 ton per hektar, yang sebelumnya hanya maksimal 8 ton perhektar sebelum menggunakan pupuk organic. Selanjutnya dengan tekad yang kuat dan rasa optimisme yang tinggi pelaksana bersama pemerintah desa dan kelompok tani telah menyiapkan lahan seluas 5 Ha untuk diterapkan pupuk organic 100% pada masa tanam periode mendatang

 

Menurut Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. Bakhrani A Rauf, M.T mengatakan bahwa kegiatan PKW Desa Congko sangat bagus karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Desa Congko dan bahkan masyarakat luas pada umumnya, melalui pembangunan sector pertanian yang berwawasan lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan kimia pada lahan pertanian.

 

Ditempat terpisah Kepala Desa Congko sangat senang dengan kegitan ini yang dibuktikan dengan berbagai fasilitas dan arahan kepada masyarakat untuk menyukseskan program kerja ini. Beliau juga mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut sehingga memberikan hasil yang maksimal untuk pengembangan Desa Congko. (*)

 

 

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed