oleh

Imigrasi Parepare Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing di Pinrang

PINRANG, Sulawesiekspos.com — Kantor Imigrasi Kelas II Parepare membentuk tim pengawasan orang asing (Timpora) tingkat kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Rapat pembentukan timpora ini dipimpin Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Parepare Arief Eka Rianto di Hotel MS Pinrang, Selasa (1/9/20).

Kakanim Parepare, Arief Eka Riyanto mengatakan, timpora dibentuk di tingkat kecamatan sesuai pasal 69 undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Tujuannya, kata dia, meningkatkan sinergitas antara instansi terkait dalam pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Pinrang.

“Harus ada saling kerjasama dan sinergi untuk mengawasi kegiatan oang asing di wilayah Kabupaten Pinrang,” kata Arief.

Kepala Sub Bidang Penindakan Divisi Keimigrasiaan Kemenkumham Kamaluddin menambahkan, pembentukan timpora untuk memberikan rasa aman keberadaan warga negara asing maupun masyarakat.

Dia menjelaskan, timpora merupakan tim yang terdiri atas instansi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing.

“Jadi di dalamnya ada unsur dari Imigrasi, TNI-Polri, pejabat pemerintah daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tugas Timpora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan instansi terkait dalam hal keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Sebagai informasi, pembentukan timpora tingkat kecamatan ini dihadiri perwakilan dari Kecamatan Batu Lappa, Dua Panua, Mattirobulu, Tiroang, Cempa, Lanrisang, Mattirosompe dan Paleteang.

Timpora dikukuhkan secara langsung Wakil Bupati Pinrang H Alimin.(*)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed